spot_img

Mengenal DAX 30 dan Cara Memperdagangkannya

Karena perusahaan tercatat yang masuk ke dalam indeks DAX 30 mewakili sekitar 75% dari total kapitalisasi pasar FSE (Frankfurt Stock Exchange), maka DAX index sering dipandang sebagai tolok ukur ekonomi Jerman. Inilah salah satu alasan mengapa trading DAX index populer di kalangan trader online. Pelajari semua hal tentang investasi dan trading DAX Index melalui artikel ini – termasuk apa yang menggerakkan DAX Index, ditambah beberapa tips untuk membantu anda memulai.

Apa Itu DAX 30?

Deutscher Aktien Index, atau Indeks DAX 30, adalah indeks saham yang terdiri dari 30 perusahaan terbesar Jerman yang diperdagangkan di Frankfurt Stock Exchange. Sebagai indeks kapitalisasi pasar tertimbang, bobot dari masing-masing saham dalam indeks akan sebanding dengan total kapitalisasi pasar.

  • Ekonomi Jerman adalah yang terbesar di Uni Eropa dan ekonomi terbesar kelima secara global. Ini adalah pasar yang aktif dan likuid dan inilah mengapa ada begitu banyak trader yang memilih untuk trading DAX Index.
  • DAX adalah bagian dari keluarga DAX Index dan disponsori oleh Deutsche Börse Group. Indeks tersebut diterbitkan pada 1 Juli 1988.

Metode perhitungan DAX Index

Agar masuk ke dalam Indeks DAX 30, volume perdagangan saham perusahaan harus setidaknya 15% dari kapitalisasi pasarnya secara publik dan telah tercatat selama tiga tahun. Perusahaan tersebut juga harus:

  • Masuk ke dalam segmen “Prime Standard” di FSE
  • Mewakili ekonomi Jerman
  • DAX Index adalah kapitalisasi pasar tertimbang, yang berarti bahwa perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang lebih besar akan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap nilai DAX Index. Pada saat yang sama, satu perusahaan tidak dapat memiliki bobot lebih dari 10% di dalam DAX Index.
  • Perusahaan yang masuk ke dalam DAX Index akan ditinjau setiap tiga bulan – akan ditambahkan atau dihapus berdasarkan volume perdagangan dan kapitalisasi pasar perusahaan.
  • Nilai yang digunakan untuk menentukan nilai DAX Index akan dihitung per detik melalui platform trading Xetra. Ini membuat DAX Index menjadi pasar yang sangat likuid – alasan lain mengapa trader tertarik untuk trading DAX Index.

Apa yang dicakup oleh Index DAX 30 Jerman?

Hingga Agustus 2020, portofolio DAX Index mencakup 30 perusahaan, termasuk 10 perusahaan yang dikenal secara global:

  • Adidas AG (ETF: ADS): Adidas AG adalah desainer dan pengembang produk gaya hidup atletik dan olahraga, termasuk lini sepatunya yang terkenal.
  • BASF SE (ETR: BAS): BASF SE adalah salah satu perusahaan kimia terbesar di dunia, yang beroperasi di beberapa segmen yang berbeda.
  • Bayer AG (ETR: BAYN): Bayer AG telah mengembangkan salah satu obat pereda nyeri paling populer di industrinya dan terus menjadi perusahaan raksasa dalam industri perawatan kesehatan.
  • BMW AG St. (ETR: BMW): BMW AG adalah produsen mobil dengan beberapa jajaran merek yang mendapatkan penghargaan dan diakui di seluruh dunia.
  • Deutsche Bank AG (ETR: DBK): Deutsche Bank AG adalah salah satu bank terbesar di dunia, dengan produk dan layanan yang menargetkan individu dan bisnis di seluruh dunia.
  • Infineon Technologies AG (ETR: IFX): Infineon Technologies adalah perusahaan semikonduktor dan penyedia layanan lengkap untuk aplikasi mikroelektronika.
  • Deutsche Telekom AG (ETR: DTE): Deutsche Telekom adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terintegrasi terbesar di dunia.
  • Merck KGaA (ETR: MRK): Merck KGaA adalah salah satu perusahaan farmasi dan perawatan kesehatan terbesar di dunia.
  • Siemens AG (ETR: SIE): Siemens AG adalah penyedia layanan elektronik dan teknik listrik yang ditujukan untuk beragam sektor pasar.
  • Volkswagen AG Vz (ETR: VOW3): Volkswagon AG adalah produsen mobil yang terkenal dengan mobil “Beetle” nya.

Sejarah Indeks Saham Jerman

Indeks Saham Jerman DAX pertama kali diterbitkan di Frankfurt Stock Exchange pada 1 Juli 1988 dengan nilai awal 1.163 poin. Frank Mella, yang saat itu menjadi editor di surat kabar Jerman Börsen-Zeitung, dikreditkan dengan pencipta DAX setelah penerbitnya memberinya tugas untuk merancang indeks pasar saham Jerman.

Sejak 1988, operator DAX 30, Deutsche Börse, telah menambahkan beberapa indeks terkait. Termasuk MDAX, yang mewakili 50 perusahaan terbesar setelah DAX; TecDAX, yang mewakili 30 perusahaan teknologi besar di luar DAX; dan HDAX, yang menggabungkan DAX, MDAX, dan TecDAX.

Pergerakan DAX Index cenderung lebih fluktuatif dibandingkan dengan indeks lainnya seperti Inggris (FTSE 100) dan AS (Dow Jones, S&P 500, NASDAQ 100), sehingga menjadikan trading DAX Index sebagai peluang yang menarik bagi para trader. Namun, sama seperti trading di pasar lainnya, ini bukan tanpa risiko.

Cara Trading atau Investasi di DAX Index

Trading dan investasi menawarkan dua metode yang sangat berbeda untuk mendapatkan eksposur ke DAX.

Ketika trading, anda menggunakan instrumen derivatif untuk berspekulasi terhadap pergerakan harganya tanpa benar-benar membeli saham atau reksa dana apa pun. Ketika berinvestasi, anda menjadi pemilik langsung dari satu atau lebih aset yang mengikuti nilai DAX Index.

Trading DAX Index

Ketika anda melakukan trading DAX Index, anda akan membuka posisi long atau short terhadap pergerakan harganya menggunakan instrumen derivatif seperti CFD dan spread betting. Ini memiliki beberapa keuntungan bagi trader jangka pendek dan menengah, termasuk kemampuan untuk menggunakan leverage – artinya anda hanya perlu menempatkan sebagian kecil dana dari total transaksi untuk membuka sebuah posisi.

Ada dua jenis CFD DAX Index: Pasar tunai dan pasar berjangka.

Indeks Tunai

Ketika anda membuka posisi pada indeks tunai, anda melakukan trading pada harga spot – level harga saat ini. Spread indeks tunai lebih kecil, sehingga membuatnya populer di kalangan trader jangka pendek.

Indeks Berjangka

Ketika anda membuka posisi di indeks berjangka, anda melakukan trading pada harga berjangka – harga yang disepakati hari ini untuk pengiriman di masa mendatang. Indeks berjangka memiliki spread yang lebih besar dibandingkan indeks tunai, tetapi spread mencakup semua biaya inap. Jadi jika anda berencana untuk membuka posisi selama beberapa hari, DAX Futures mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Investasi DAX Index

Seperti indeks saham lainnya, anda tidak dapat melakukan investasi langsung di DAX Index. Namun, anda dapat melakukan investasi dalam Exchange Traded Fund (ETF) yang dirancang untuk mengikuti pergerakan nilai DAX Index. Atau anda dapat membeli saham perusahaan yang masuk ke dalam DAX Index.

Investasi melibatkan pemilihan aset untuk ditambahkan ke dalam portofolio anda, dengan tujuan menyimpannya dalam jangka menengah hingga panjang dibandingkan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Anda juga dapat memperoleh keuntungan dari dividen – jika tempat anda berinvestasi membagikan sebagian dari keuntungannya kepada para pemegang saham.

Ketika berinvestasi anda tidak dapat menggunakan leverage, sehingga anda perlu membayar dengan jumlah yang sama dengan nilai investasi anda. Meski demikian, anda tetap dapat membuka posisi short – misalnya, menggunakan Inverse ETF – tetapi sebagian besar investor memilih untuk tetap membuka posisi long.

Investasi saham dan ETF memungkinkan anda untuk berinvestasi di perusahaan terbesar di Jerman, tetapi dengan cara yang sedikit berbeda.

Saham DAX 30

DAX Index bergerak naik dan turun berdasarkan pergerakan harga saham perusahaan yang ada dalam indeks tersebut: seperti Volkswagen, Bayer, dan Deutsche Bank. Dengan membeli saham di perusahaan-perusahaan tersebut, anda bisa mendapatkan eksposur yang sama dengan berinvestasi di DAX Index.

Untuk membuat portofolio yang mengikuti pergerakan DAX, anda harus membeli semua 30 konstituen dan mengikuti kriteria bobot indeks resmi, yang merupakan tugas yang rumit. Jadi sebagian investor akan memilih beberapa saham untuk portofolio mereka, dan menggunakan ETF sebagai gantinya jika mereka ingin berinvestasi di seluruh saham DAX Index.

ETF DAX 30

Ketika anda membeli ETF DAX Index, anda berinvestasi pada reksa dana yang mengikuti pergerakan nilai indeks tersebut. Banyak ETF DAX Index melakukan ini dengan membeli saham yang menjadi komponen indeks, sehingga ketika anda membelinya, anda secara efektif berinvestasi di semua 30 perusahaan dengan satu posisi.

ETF dibeli dan dijual di bursa, sama seperti saham. Sehingga anda dapat berinvestasi di dalamnya menggunakan broker yang sama dengan yang anda gunakan untuk melakukan transaksi saham.

Berikut adalah beberapa ETF populer lainnya dengan eksposur Jerman:

  • Vanguard FTSE Europe Index Fund ETF (NYSE: VGK)
  • SPDR DJ EURO Stoxx 50 ETF (NYSE: FEZ)
  • iShares MSCI Eurozone ETF (NYSE: EZU)

Ketika mempertimbangkan ETF tersebut, investor harus mengetahui bagaimana pembobotannya dan biaya yang dibebankan pada reksa dana tersebut guna memastikan bahwa ETF tersebut cocok untuk portofolio anda.

Cara Trading DAX 30 Menggunakan Analisa Teknikal

DAX 30 telah diperdagangkan selama lebih dari 30 tahun, sehingga memberikan analis teknikal satu set lengkap data perdagangan historis dan sumber daya untuk membuat grafik dan pengaturan teknikal. Analisa teknikal membantu untuk memvisualisasikan pola grafik, tren, dan titik harga dalam lingkungan yang terus bergerak.

Gunakan beberapa indikator teknikal untuk membantu anda menentukan tren, menandai perubahan sentimen pasar, mengidentifikasi posisi tertinggi dan terendah yang signifikan, dan pola koreksi yang potensial. Analisa teknikal membantu trader untuk membuat keputusan yang lebih tepat dengan cara mengidentifikasi potensi entry dan exit.

Ada berbagai indikator teknikal yang tersedia dan trader harus memutuskan mana yang ingin mereka gunakan dan mengapa. Cara terbaik untuk menentukan indikator mana yang akan digunakan adalah dengan melakukan pengujian secara ketat menggunakan berbagai skenario dan indikator dan mencari tahu indikator mana yang membuat anda nyaman dan merasa percaya diri.

Kami memiliki banyak sumber daya teknikal dan panduan analisa bagi trader dari semua tingkatan dan menjalankan webinar trading gratis yang mencakup semua aspek pasar keuangan – termasuk trading teknikal, analisa fundamental, dan sentimen.

Kesimpulan Indeks DAX 30

  • Indeks DAX 30 Jerman adalah indeks pasar saham blue chip yang terdiri dari 30 perusahaan terbesar Jerman, termasuk perusahaan yang dikenal secara global seperti Adidas dan Bayer.
  • Ini mencerminkan kondisi pasar domestik Jerman dan pasar global juga dapat digunakan oleh investor untuk membandingkan dan memprediksi kinerja konstituennya.

Investor AS yang ingin berinvestasi dalam portofolio DAX dapat melakukannya melalui ADR atau melalui akun broker internasional untuk konstituen yang hanya diperdagangkan dalam valuta asing. Investor juga bisa mendapatkan eksposur ke pasar Jerman melalui ETF lainnya yang tersedia di bursa AS.

FAQ

Apa arti DAX dalam bahasa Jerman?

Deutscher Aktienindex: DAX (Deutscher Aktienindex (Indeks Saham Jerman)) adalah indeks pasar saham blue chip yang terdiri dari 30 perusahaan besar Jerman yang diperdagangkan di Frankfurt Stock Exchange.

Jam berapa DAX 30 dibuka?

Jam perdagangan utama untuk Indeks DAX 30 adalah antara 09:00 dan 17:30 CET, meskipun Deutsche Börse juga menyediakan layanan trading di luar jam bursa yaitu DAX awal (08:00-09:00 CET) dan DAX akhir (17:30-22:00 CET).

Apa itu DAX berjangka?

Apa itu DAX berjangka? Berjangka adalah kontrak forward yang populer. Indeks DAX adalah indeks patokan pasar saham Jerman. Investor dapat menggunakan kontrak berjangka pada indeks DAX dan mengoptimalkan trading mereka dengan cara terbaik. Trader dapat membeli atau menjual kontrak berjangka kapan pun selama pasar dibuka.

Apakah DAX 30 sama dengan GER30?

Indeks saham Jerman yaitu Indeks DAX 30 (GER 30) diperkenalkan di bawah nama “DAX” pada 1 Juli 1988 oleh Frankfurt Stock Exchange. Ini terdiri dari 30 perusahaan terbesar yang tercatat di Frankfurt Stock Exchange berdasarkan nilai kapitalisasi pasar dan likuiditas.

Negara mana yang dicakup oleh DAX 30?

DAX 30 adalah indeks dari pasar saham blue chip Jerman yang melacak kinerja 30 perusahaan terbesar yang diperdagangkan di Frankfurt Stock Exchange.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
3,336PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles