spot_img

Bagaimana Cara Bermain Saham? Panduan Untuk Pemula

Tidak semua orang yang membeli dan menjual saham adalah trader saham, setidaknya dalam bahasa atau istilah bernuansa investasi. Sebagian besar investor terbagi ke dalam salah satu dari dua kubu. Bergantung pada frekuensi dan strategi yang memicu keputusan mereka, mereka dibagi menjadi “trader” (seperti Gordon Gekko dalam film “Wall Street”) atau “investor” (seperti Warren Buffett). Sangat penting untuk mempelajari cara bermain saham online sebelum anda memulai investasi apa pun. Panduan tentang “cara bermain saham bagi pemula” berikut ini akan menjadi titik awal dan memandu anda untuk melewati beberapa proses.

Apa itu main saham?

Istilah trader saham biasanya mengacu pada seseorang yang sering membeli dan menjual saham untuk memanfaatkan fluktuasi harga harian. Trader jangka pendek ini bertaruh bahwa mereka dapat menghasilkan beberapa Dolar dalam beberapa menit, jam, hari, atau bulan berikutnya, dibandingkan membeli saham pada perusahaan blue chip untuk diwariskan kepada cucu mereka suatu hari nanti.

Cara bermain saham dapat dibagi kembali berdasarkan kriteria berikut:

  • Active trading adalah apa yang dilakukan oleh investor yang melakukan 10 atau lebih transaksi per bulan. Biasanya, mereka menggunakan strategi yang sangat bergantung pada pemilihan waktu pasar, mencoba mengambil keuntungan dari peristiwa jangka pendek (pada tingkat perusahaan atau berdasarkan fluktuasi pasar) guna menghasilkan keuntungan dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.
  • Day trading adalah strategi yang digunakan oleh investor yang bermain api dengan saham – membeli, menjual, dan menutup posisinya dalam waktu satu hari perdagangan, tidak terlalu peduli dengan kinerja bisnis perusahaan. (Posisi mengacu pada jumlah saham atau reksa dana tertentu yang anda miliki). Tujuan day trader adalah untuk menghasilkan beberapa Dolar dalam waktu beberapa menit, jam, atau hari berikutnya berdasarkan fluktuasi harga harian.

Bagaimana cara bermain saham?

Jika anda mencoba bermain saham untuk pertama kalinya, ketahuilah bahwa sebagian besar investor mencatatkan pengembalian yang baik dengan cara menjaga hal-hal sederhana dan berinvestasi dalam campuran reksa dana indeks berbiaya rendah untuk mencapainya – dan ini adalah kuncinya – kinerja jangka panjang yang lebih baik.

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk memulai bermain saham:

1. Membuka akun broker

Bermain saham membutuhkan akun broker, dan beberapa jenis akun tertentu dirancang untuk melakukan investasi. Jika anda belum memiliki akun, anda dapat membuka akun di broker saham online hanya dalam waktu beberapa menit. Jika anda akan sering melakukan transaksi saham, sebaiknya anda harus memperhatikan biaya dari setiap transaksi – yang disebut komisi transaksi broker saham.

Ada 2 jenis akun yang tersedia:

  • Akun trading saham: Menawarkan jalur tercepat dan termurah bagi anda untuk melakukan trading saham, reksa dana, dan berbagai instrumen investasi lainnya. Di broker, anda dapat membuka akun saham yang menawarkan akses ke bursa saham terbesar di dunia dan kelas aset yang berbeda, mulai dari saham hingga indeks saham dan reksa dana, serta komoditas, mata uang, dan cryptocurrency.
  • Akun terkelola dan/atau sosial: Menawarkan manfaat investasi saham tetapi tidak mengharuskan pemiliknya untuk melakukan kerja keras yang diperlukan untuk memilih instrumen investasi. Semua transaksi yang dilakukan oleh penyedia sinyal akan disalin secara proporsional di akun investor (pengikut).

2. Tentukan anggaran untuk bermain saham

Kami memiliki beberapa saran jika anda ingin belajar cara bermain saham online: Bahkan jika anda memiliki bakat untuk bermain saham, mengalokasikan lebih dari 10% portofolio pada saham dapat membuat pergerakan portofolio anda sangat fluktuatif. Adapun aturan dasar untuk mengelola risiko adalah: Hanya berinvestasi dengan jumlah uang yang mampu anda terima jika mengalami kerugian, jangan gunakan uang yang diperuntukkan untuk pengeluaran jangka pendek (seperti uang muka rumah atau mobil, atau uang sekolah), dan kurangi 10% dari dana tersebut tersebut jika anda belum memiliki dana darurat yang baik dan setidaknya 10% dari pendapatan anda disalurkan ke rekening tabungan pensiun.

Jumlah uang yang anda butuhkan untuk bermain saham online akan tergantung pada jenis sekuritas yang ingin anda beli.

Saham biasanya diperdagangkan dalam satuan lot, atau transaksi minimal 100 lembar saham. Untuk membeli saham dengan harga $60 per lembar saham, anda memerlukan modal $6.000. Beberapa broker mungkin mengizinkan anda untuk hanya menyediakan dana jaminan, tetapi anda tetap harus menyediakan modal $600.

3. Mengenal jenis order

Setelah anda memiliki akun broker dan telah menentukan anggaran, anda dapat menggunakan situs web atau aplikasi trading online anda untuk melakukan transaksi saham. Anda akan disajikan dengan beberapa pilihan jenis order, yang akan menentukan bagaimana transaksi anda akan dieksekusi. Kami membahas hal ini secara rinci pada artikel tentang cara investasi saham, tetapi berikut ini adalah beberapa jenis order yang paling umum:

  • Market Order: Market order adalah cara paling sederhana dan paling umum untuk membeli saham secara online. Market order adalah perintah bagi broker bahwa anda bersedia untuk menerima harga berapa pun yang diberikan ketika transaksi anda dieksekusi. Jenis order ini seringkali dikenakan komisi terendah karena paling mudah untuk dieksekusi.
  • Limit Order: Limit Order memungkinkan anda untuk membatasi harga maksimal yang ingin anda bayarkan atau harga minimal yang ingin anda terima ketika membeli atau menjual saham. Perbedaan utama antara market order dan limit order adalah bahwa broker saham anda tidak dapat menjamin transaksi anda akan dieksekusi. Bayangkan anda ingin membeli 300 lembar saham ABC. Harga saat ini adalah $55 per lembar saham. Anda tidak ingin membayar lebih dari $52, sehingga anda menempatkan limit order di $52 atau kurang. Jika harga saham turun ke harga tersebut, transaksi anda akan dieksekusi.
  • Stop Order: Stop Order akan berubah secara otomatis menjadi market order ketika harga yang telah ditentukan tercapai (ini disebut sebagai “stop price”). Pada saat tersebut, sejumlah aturan dari market order berlaku; transaksi dijamin dieksekusi, anda tidak tahu harganya – mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari harga saat ini.
  • Trailing Stop Order: Trailing Stop Order dapat digunakan untuk mengunci keuntungan sekaligus berpotensi mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham lebih lanjut. Bayangkan anda membeli 500 saham ABC dengan harga $50 per saham. Harga saat ini adalah $57. Anda ingin mengunci keuntungan setidaknya $5 per saham tetapi ingin terus mempertahankan saham tersebut, seraya berharap dapat mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga lebih lanjut. Untuk memenuhi tujuan anda, anda dapat menempatkan trailing stop order dengan nilai stop $5 per saham.

4. Mulai bermain saham

Setelah anda membuka akun trading live, atau demo, mendownload aplikasi trading gratis, dan menemukan strategi yang tepat, anda dapat memulai untuk bermain saham online di pasar saham berjangka AS dan memilih saham apa yang akan dibeli atau dijual.

Contoh

Misalnya, anda memperkirakan bahwa harga saham ABC akan turun, dan anda ingin mendapatkan keuntungan dari pergerakan tersebut. Melalui CFD, anda dapat membuka posisi short (dikenal dengan short selling) dan mendapatkan keuntungan dari harga pasar yang turun. Kali ini, katakanlah, anda memutuskan untuk menjual 100 saham (kontrak) di saham ABC dengan harga $54,00 per saham.

Trading saham memiliki persyaratan margin 10%, sehingga anda hanya perlu menyediakan modal (($54,00 x 100) x 10%) $540 sebagai margin.

Jika prediksi anda benar

Kemudian, saham ABC turun dengan harga beli 50,50 dan harga jual 50,49. Anda siap untuk mengamankan keuntungan, sehingga anda membeli lima kontrak di 50,50.

Karena ini adalah posisi short, anda harus mengurangi harga penutupan (50,50) dengan harga pembukaan (53,50) posisi anda untuk menghitung keuntungan, sebelum dikalikan dengan ukurannya (100 kontrak).

54,00 – 50,50 = 3,50, lalu dikalikan dengan $100 sehingga keuntungan anda adalah sebesar $350. Anda tidak perlu membayar komisi untuk trading CFD Indeks, karena biaya telah termasuk ke dalam spread – tetapi anda masih harus membayar biaya inap dan juga mungkin dikenakan pajak.

Jika prediksi anda salah

Harga bergerak berlawanan 50 sen dengan posisi anda. Ini menjadikan anda rugi $50, di luar biaya inap.

Harga beli/jual54.00 / 54.01
TransaksiJual di 54,00
Ukuran transaksi100 kontrak
Margin$540
KomisiTidak ada
Potensi biaya lain-lainBiaya inap jika posisi anda terbuka lebih dari satu hari perdagangan. Anda juga mungkin akan dikenakan pajak.
Contoh 1Harga penutupan: Jual di 50,50 Perhitungan: 54,00 – 50,50 = 3,5 100 * 3,5 = $350 Keuntungan/Kerugian = Keuntungan $350
Contoh 2Harga penutupan: Jual di 54,50 Perhitungan: 54,00 – 54,50 = -0,50 100 * -0,50 = -$50 Keuntungan/Kerugian = Kerugian $50

Sekarang anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara bermain saham di aplikasi trading MetaTrader? Itu cukup sederhana, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Download MetaTrader 4 dan Download MetaTrader 5 (baca di sini untuk mengetahui perbandingan MT4 vs MT5)
  • Buka bagian Market Watch dari menu View di bagian atas atau dengan menekan CTRL + M melalui keyboard. Ini akan membuka daftar simbol di sisi kiri grafik.
  • Klik kanan pada Market Watch dan pilih Symbols atau tekan CTRL + U pada keyboard.
  • Ini kemudian akan membuka jendela seperti yang ditunjukkan di bawah – yang merinci semua pasar yang tersedia untuk diperdagangkan.

Sekarang anda dapat mengklik kiri pada salah satu simbol yang ingin anda lihat dan menyeretnya pada grafik untuk melihat harga saham AS dari simbol yang anda pilih. Dari sini, sekarang anda dapat membuka posisi:

  • Klik kanan pada grafik
  • Pilih Trading
  • Pilih New Order, atau tekan F9 pada keyboard
  • Sebuah jendela trading akan terbuka dan anda dapat memasukkan harga entry, stop loss, dan take profit serta ukuran transaksi (volume)

Cara bermain saham bagi pemula

Terlepas dari apakah anda seorang investor-trader, tips tentang cara bermain saham berikut ini dapat membantu anda untuk bermain saham dengan aman:

1. Berlatih untuk mempelajari cara bermain saham online

Tapi tidak dengan uang sungguhan. Tidak ada yang lebih baik dari pengalaman, yang dapat diperoleh investor melalui simulator trading saham yang ditawarkan oleh banyak broker saham online. Simulator trading saham memungkinkan trader untuk menguji strategi trading mereka dan membangun rekam jejak yang baik sebelum mempertaruhkan uang sungguhan. Anda tentunya membutuhkan simulator pasar saham yang memungkinkan anda untuk terhubung ke akun trading saham anda dari perangkat apa pun: Desktop (MAC atau Windows), ponsel (Android atau iOS), atau browser (Chrome, Internet Explorer, Firefox, Safari, dan lainnya).

2. Pelajari cara membaca grafik

Pelajari aturan dasar charting yang akan membantu anda untuk memahami kapan dan bagaimana cara bermain saham.

  • Hanya beli saham di area support utama jangka panjang. Kita ingin membeli saham dengan harga yang relatif murah (dibandingkan dengan harga historis), bukan harga yang mahal. Investasi tidak memerlukan stop loss, tetapi anda tetap perlu mempertimbangkan harga di mana anda akan menjual saham tersebut jika kinerjanya tidak membaik. Investasi bukan berarti anda harus menahan saham tersebut selamanya, terutama jika tidak mencatatkan kinerja yang anda harapkan. Anda perlu memiliki toleransi yang rendah atas harga saham yang terus bergerak turun.

Juga, anda perlu memiliki rencana untuk menjual saham tersebut ketika kinerjanya menguntungkan. Tentukan bagaimana dan mengapa anda ingin menjual sahamnya. Karena kita menggunakan support untuk melakukan entry, anda dapat mempertimbangkan untuk menjual sahamnya tepat di bawah level resistance jangka panjang. Setelah anda menjualnya, jangan mengkhawatirkan apa yang terjadi pada harga saham tersebut. Ambil uangnya, dan investasikan pada saham lain, dengan proses yang sama, seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Selanjutnya kita akan membahas tentang analisa teknikal yang berkaitan dengan cara bermain saham bagi pemula.

  • Jika membeli di area support, dan berencana untuk menjualnya tepat di bawah area resistance, potensi kenaikannya harus lebih besar dari risiko penurunan (ke $0), setidaknya 2:1. Itu berarti bahwa jika anda membeli di harga $5, anda harus bisa menjual saham tersebut di harga $15 atau lebih tinggi. Dalam kasus terburuk, anda hanya mengalami kerugian $5 per saham (tetapi karena kita tidak menahan saham yang rugi selamanya, ini sangat tidak mungkin), tetapi berdasarkan grafik historis, cukup layak untuk menghasilkan $10/saham atau lebih. Ini dikenal dengan sebutan rasio risk/reward.

3. Bandingkan pengembalian dengan tolok ukur yang sesuai

Ini adalah saran yang penting bagi semua jenis investor – bukan hanya yang aktif. Tujuan inti dari memilih saham adalah untuk mengungguli kinerja indeks yang menjadi tolok ukur. Itu bisa berupa Indeks S&P 500 (sering digunakan sebagai proxy “pasar”), Indeks Nasdaq Composite (untuk investor yang fokus pada saham teknologi), atau indeks lainnya yang lebih kecil yang terdiri dari perusahaan berdasarkan ukuran, industri, dan geografi. Membandingkan pengembalian adalah kuncinya, dan jika investor yang serius tidak dapat mengungguli tolok ukur (sesuatu yang bahkan sulit dilakukan oleh investor profesional), maka masuk akal bagi anda untuk berinvestasi dalam reksa dana indeks berbiaya rendah atau ETF – pada dasarnya sekeranjang saham yang kinerjanya sangat selaras dengan salah satu indeks yang menjadi tolok ukur.

4. Pilih broker dengan bijak

Untuk bermain saham anda membutuhkan broker, tetapi jangan sembarang memilih broker mana pun. Pilih broker yang menawarkan persyaratan dan alat yang paling sesuai dengan gaya dan pengalaman investasi anda. Prioritas utama bagi trader aktif adalah komisi rendah dan eksekusi transaksi yang cepat, khususnya untuk transaksi yang sensitif terhadap waktu (seperti pilihan aplikasi trading online terbaik kami bagi trader aktif/day trader).  Investor yang baru mengenal trading perlu mencari broker yang menawarkan artikel edukasi, tutorial online, dan seminar. Fitur lain yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas dan ketersediaan alat penyaringan dan analisis saham, peringatan, entry transaksi yang mudah, dan layanan pelanggan.

Cara bermain saham dengan modal kecil

Pertimbangkan untuk bermain saham menggunakan Margin: Meminjam untuk mendapatkan peluang pengembalian yang lebih besar, jawaban terbaik tentang cara bermain saham dengan modal kecil.

Akun margin dapat meningkatkan daya beli investor dengan cara memberikan pinjaman uang untuk bermain saham. Dengan menggunakan leverage, investor dapat memperoleh keuntungan yang lebih tinggi. Tanpa leverage, daya beli investor terbatas pada jumlah modalnya. Di sisi lain, margin trading juga dapat meningkatkan potensi kerugian investor.

Leverage sebenarnya adalah penggunaan modal trading yang sangat efisien dan justru disukai oleh trader profesional karena memungkinkan mereka untuk melakukan trading dengan ukuran yang lebih besar (yaitu lebih banyak kontrak, atau saham, dll) dengan modal trading yang lebih sedikit. Leverage tidak mengubah potensi keuntungan atau kerugian yang dihasilkan dari trading saham. Sebaliknya, ini mengurangi jumlah modal trading yang harus disediakan, sehingga sisa modal dapat digunakan untuk melakukan transaksi lain. Misalnya, seorang trader yang ingin membeli 100 lot saham dengan harga $20 per saham hanya membutuhkan modal trading sebesar $5.000, sehingga sisa modalnya sebesar $15.000 dapat digunakan untuk membeli saham lain.

Selain membuat modal trading menjadi lebih efisien, leverage juga dapat mengurangi risiko untuk jenis transaksi tertentu. Misalnya, seorang trader yang ingin berinvestasi 10.000 lembar saham dengan harga $10 per saham akan membutuhkan uang tunai senilai $100.000, dan semua $100.000 tersebut akan berada dalam risiko. Namun, seorang trader yang ingin membeli saham dengan potensi keuntungan atau kerugian yang persis sama (yaitu nilai tick $100 per perubahan harga 0,01) menggunakan CFD saham (pasar dengan leverage tinggi), hanya memerlukan modal sebagian dari nilai tunai $100.000 (mungkin $5.000), dan hanya $5.000 tersebut yang berada dalam risiko.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
3,337PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles