spot_img

Panduan Cara Investasi Saham Bagi Pemula

Investasi saham adalah cara terbaik untuk menumbuhkan kekayaan. Tetapi bagaimana cara untuk memulainya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk belajar investasi saham online dan strategi terbaik untuk menghasilkan uang dari investasi saham online.

Apa itu investasi saham?

Sesuai namanya, investasi saham adalah sebuah investasi. Ketika anda membeli saham perusahaan, maka anda membeli sebagian kecil kepemilikan atas perusahaan tersebut, yang disebut saham.

Investor membeli saham perusahaan yang menurut mereka nilainya akan naik. Jika itu terjadi, harga saham perusahaan juga akan naik. Saham tersebut kemudian dapat dijual untuk memperoleh keuntungan.

Saham adalah sekuritas yang mencerminkan bagian kepemilikan dari suatu perusahaan. Bagi perusahaan, menerbitkan saham adalah cara untuk mengumpulkan uang untuk menumbuhkan dan berinvestasi dalam bisnis mereka. Bagi investor, saham adalah cara untuk menumbuhkan uang mereka dan melampaui inflasi dari waktu ke waktu.

Ketika anda membeli saham di sebuah perusahaan, maka anda disebut sebagai pemegang saham karena anda berhak atas sebagian keuntungan perusahaan.

Perusahaan publik menjual sahamnya melalui bursa efek, seperti Nasdaq atau New York Stock Exchange. (Lebih lanjut tentang dasar-dasar pasar saham) Investor kemudian dapat membeli dan menjual saham melalui broker saham. Bursa saham selanjutnya akan mempertemukan penawaran dan permintaan dari masing-masing saham perusahaan, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi harga saham tersebut.

Harga saham berfluktuasi sepanjang hari, dan investor yang membeli saham berharap bahwa seiring waktu, nilai sahamnya akan naik. Namun, tidak setiap perusahaan atau saham bergerak naik: Nilai perusahaan dapat turun atau bahkan gulung tikar. Ketika hal tersebut terjadi, investor saham dapat kehilangan semua atau sebagian dana investasi mereka. Itulah mengapa penting bagi investor untuk menyebarkan uangnya, dengan cara membeli saham di banyak perusahaan yang berbeda dibandingkan hanya fokus pada satu perusahaan.

Bagaimana cara investasi saham online?

Langkah 1 – Putuskan cara anda ingin investasi saham online

Ada beberapa cara untuk melakukan investasi saham online. Pilih opsi di bawah ini yang paling mewakili tentang bagaimana anda ingin melakukan investasi saham, dan apakah anda ingin memilih langsung saham untuk investasi.

  • “Saya tipe yang melakukan semua hal sendiri dan tertarik untuk memilih saham dan reksa dana saham saya sendiri”. Lanjutkan membaca; artikel ini akan menjelaskan tentang beberapa hal yang perlu anda ketahui sebagai investor langsung. Atau, jika anda telah mengetahui cara investasi saham online dan hanya membutuhkan broker, lihat daftar akun broker terbaik kami.
  • “Saya tahu saham bisa menjadi investasi yang bagus, tetapi saya ingin seseorang yang mengelola prosesnya untuk saya”. Anda mungkin cocok untuk memilih layanan pengelola dana, layanan yang menyatukan manajer dan investor, memungkinkan investor untuk menghasilkan keuntungan di pasar saham tanpa melakukan trading dan manajer dapat menerima tambahan pendapatan dengan mengelola dana investor secara efisien. Hampir semua transaksi yang dilakukan oleh manajer akan tercermin secara proporsional di akun investor. Lihat pilihan aplikasi copy trading terbaik kami.

Setelah anda memiliki preferensi, anda siap untuk memilih akun, yang akan kita bahas selanjutnya.

Langkah 2 – Buka akun investasi saham

Secara umum, untuk melakukan investasi saham online, anda membutuhkan akun investasi saham online. Bagi investor yang melakukan semuanya sendiri, ini biasanya berarti akun broker. Bagi investor yang membutuhkan sedikit bantuan, membuka akun yang dikelola atau akun sosial adalah opsi terbaik. Kami akan membahas keduanya di bawah ini.

Poin penting: Kedua jenis akun tersebut memungkinkan anda untuk memulai investasi saham online dengan modal mulai dari 100 USD.

OPSI MANDIRI: MEMBUKA AKUN BROKER

Akun broker saham online menawarkan jalur tercepat untuk membeli saham, reksa dana, dan berbagai instrumen investasi lainnya. Melalui broker saham, anda dapat membuka akun investasi saham online yang menawarkan akses ke bursa saham terbesar di dunia dan kelas aset yang beragam, mulai dari saham hingga indeks saham dan exchange traded fund, serta komoditas, mata uang, dan cryptocurrency.

OPSI PASIF: MEMBUKA AKUN YANG DIKELOLA/AKUN SOSIAL

Akun yang dikelola menawarkan manfaat investasi saham tetapi tidak mengharuskan pemiliknya untuk melakukan kerja keras seperti memilih instrumen investasi. Layanan pengelolaan dana menyediakan layanan pengelolaan investasi lengkap dan menawarkan fitur unik seperti:

  • Manajer harus menginvestasikan uangnya sendiri.
  • Manajer tidak dapat mengakses dana investor.
  • Biaya kinerja yang telah ditentukan sebelumnya akan secara otomatis dipotong dari akun investor. Keuntungan dan kerugian akan dibagi antara investor/pengikut secara proporsional.

Ini mungkin terdengar mahal, tetapi biayanya di sini umumnya sangat rendah.

Langkah 3 – Ketahui perbedaan antara saham dan reksa dana saham

Melakukan semuanya sendiri? Jangan khawatir. Investasi saham online tidak harus rumit. Bagi sebagian besar orang, investasi saham online berarti memilih di antara dua jenis investasi berikut:

  • Reksa dana saham atau exchange traded fund. Reksa dana ini memungkinkan anda untuk membeli sekeranjang saham dalam satu transaksi. Reksa dana indeks dan ETF adalah sejenis reksa dana yang melacak indeks; misalnya, reksa dana S&P 500 mereplikasi indeks tersebut dengan cara membeli semua saham perusahaan yang masuk ke dalam indeks tersebut. Ketika anda berinvestasi reksa dana, anda juga menjadi bagian pemilik dari masing-masing perusahaan tersebut. Jika anda menginginkan reksa dana dan memiliki anggaran kecil, maka exchange traded fund mungkin pilihan terbaik anda. Minimal jumlah investasi reksa dana dapat mencapai $1.000 atau lebih, tetapi ETF diperdagangkan seperti saham, yang berarti anda dapat membelinya sesuai dengan harga sahamnya – dalam beberapa kasus, harganya kurang dari $100.
  • Saham. Jika anda mengincar perusahaan tertentu, anda dapat membeli satu atau beberapa saham sebagai cara untuk terjun ke dunia trading saham. Membuat portofolio yang terdiversifikasi atau terdiri dari banyak saham adalah hal yang mungkin, tetapi dibutuhkan modal investasi yang banyak. Jumlah uang yang anda butuhkan untuk membeli saham tergantung pada seberapa mahal harga saham tersebut. (Harga saham dapat berkisar dari hanya beberapa Dolar hingga beberapa ribu Dolar).

Kelebihan dari reksa dana saham adalah terdiversifikasi, sehingga dapat mengurangi risiko anda. Tetapi pergerakannya tidak mungkin naik secara cepat seperti yang mungkin terjadi pada beberapa harga saham. Kelebihan dari saham adalah dapat menghasilkan banyak uang, tetapi kemungkinan bahwa setiap saham akan membuat anda kaya sangat tipis.

Bagi sebagian besar investor – terutama mereka yang melakukan investasi untuk dana pensiun – portofolio yang sebagian besar terdiri dari reksa dana adalah pilihan yang jelas.

Langkah 4 – Mulai investasi saham online

Investasi saham dipenuhi oleh strategi dan pendekatan yang rumit, namun beberapa investor paling sukses telah melakukan hal lebih dari sekedar mempertahankan prinsip-prinsipnya. Itu umumnya berarti menggunakan reksa dana untuk sebagian besar portofolio anda – Warren Buffett yang terkenal mengatakan bahwa reksa dana indeks berbiaya rendah seperti S&P 500 adalah investasi terbaik yang dapat dilakukan oleh sebagian besar investor – dan hanya melakukan investasi saham jika anda percaya terhadap potensi pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang.

Jika saham tampak lebih menarik untuk anda, maka belajar untuk melakukan riset saham akan sepadan dengan waktu anda.

Berikut adalah ringkasan singkat tentang apa yang harus dicari ketika investasi saham online, dengan mengingat dua poin yang telah dibahas di atas. Gunakan penyaring saham untuk menemukan saham yang sesuai dengan kriteria berikut.

  • Yield dividen di atas 5%, namun payout ratio di bawah 100%.
  • Rata-rata volume lebih dari 300.000 saham
  • Harga lebih dari $2; bukan saham gorengan
  • Tanggal IPO lebih dari setahun; Diutamakan saham yang telah diperdagangkan secara publik selama 10 tahun atau lebih.
  • Rasio P/E lebih besar dari nol (menunjukkan perusahaan menguntungkan). Pertimbangkan untuk mencari saham dengan P/E rendah, misalnya, lebih besar dari nol tetapi kurang dari lima. Juga, pertimbangkan untuk mencari saham dengan Forward P/E lebih rendah dari P/E saat ini. Ini menunjukkan bahwa pendapatannya diperkirakan akan meningkat, dan jika itu terjadi, sahamnya akan lebih baik jika dibeli di harga saat ini.
  • Operating Margin lebih dari 10%.

Menyaring saham berdasarkan kritera di atas akan menghasilkan daftar saham yang memenuhi kritera. Namun, tidak semua saham layak dijadikan sebagai sarana investasi. Lihat grafik saham yang dihasilkan oleh penyaring di atas. Kriteria investasi saham online selanjutnya adalah:

  • Hanya beli saham di area support utama jangka panjang. Kita ingin membeli saham dengan harga yang relatif murah (dibandingkan dengan harga historisnya), bukan yang mahal. Investasi memang tidak memerlukan stop loss, tetapi anda tetap harus mempertimbangkan harga di mana anda akan menjual saham tersebut jika kinerjanya tidak membaik. Investasi bukan berarti anda harus menahan saham selamanya, terutama jika kinerjanya tidak seperti yang anda harapkan. Anda perlu memiliki toleransi yang rendah atas saham yang terus bergerak turun.

Juga, miliki rencana tentang bagaimana anda akan menjual saham yang menguntungkan. Tentukan bagaimana dan mengapa anda menjualnya. Karena kita menggunakan support untuk membeli saham, maka anda dapat mempertimbangkan untuk menjualnya tepat di bawah area resistance jangka panjang. Setelah anda menjualnya, jangan mengkhawatirkan tentang apa yang terjadi pada saham tersebut setelahnya. Ambil uangnya dan investasikan di saham lain, menggunakan proses yang sama, seperti yang telah dibahas di atas.

Terakhir, berikut adalah ringkasan tentang cara investasi saham untuk pemula:

  • Jika membeli di area support, dan berencana untuk menjualnya tepat di bawah area resistance, maka potensi kenaikannya harus lebih besar dari risiko penurunan (ke $0), setidaknya 2:1. Itu berarti jika anda membeli di harga $5, maka anda dapat menjualnya di harga $15 atau lebih tinggi. Dalam kasus terburuk, anda hanya mengalami kerugian $5 per saham (tetapi karena kita tidak menahan saham yang rugi selamanya, maka ini sangat tidak mungkin terjadi), tetapi berdasarkan grafik historis, cukup layak untuk menghasilkan $10/saham atau lebih. Ini dikenal sebagai rasio risk/reward.

Bagaimana cara menghasilkan uang di saham?

Investasi saham memiliki lebih banyak risiko dibandingkan beberapa investasi lainnya, tetapi juga berpotensi menuai hasil yang lebih tinggi. Investor saham dapat menghasilkan uang melalui tiga cara:

  1. Jika harga sahamnya naik, dan investor menjualnya di harga yang lebih tinggi dari harga beli.
  2. Melalui dividen. Dividen adalah pembayaran rutin kepada para pemegang saham. Tidak semua perusahaan membayarkan dividen, tetapi perusahaan yang melakukannya biasanya membayarkannya setiap tiga bulan.
  3. Jika nilai tukar mata uang yang mendasarinya naik, dan investor mengkonversi kembali dananya setelah menjual saham.

Selama satu abad terakhir, pasar saham telah membukukan rata-rata pengembalian tahunan 10%. Kata “rata-rata” cukup penting di sini: Tidak hanya rata-rata pengembalian pasar secara keseluruhan – bukan saham tertentu – tetapi pada tahun tertentu, pengembalian pasar dapat lebih rendah atau lebih tinggi dari 10%.

Anda dapat membeli saham melalui broker saham online. Proses pembukaan akunnya mirip dengan membuka rekening bank. Komisi yang dibebankan oleh broker saham online untuk melakukan transaksi saham bervariasi, sehingga penting untuk memilih yang tepat.

Saat ini, sebagian besar saran investasi di pasar saham berfokus pada pemilihan saham asing atau lokal tanpa memperhatikan aspek kritis – kualitas mata uang yang mendasarinya.

Meskipun portofolio anda telah terdiversifikasi, tetapi masih gagal untuk mempertimbangkan apakah anda telah melakukan diversifikasi ke dalam mata uang yang lebih baik dari apa yang sudah anda dapatkan atau tidak. Tujuan diversifikasi ke dalam mata uang lain adalah untuk melakukan investasi dengan peluang kenaikan terbaik dalam jangka panjang.

Investasi yang baik dalam mata uang yang buruk dapat menjadi investasi yang buruk dan sebaliknya.

Misalnya, pertimbangkan kasus investor saham Polandia. Sekalipun portofolio anda mencatatkan keuntungan dalam mata uang Polandia (PLN), selama beberapa tahun terakhir, kinerjanya terhadap mata uang dan komoditas utama lainnya kurang menyenangkan, seperti komoditas berdenominasi USD atau USD. Karena kita semua menggunakan produk impor, ini berarti daya beli dan kekayaan anda akan berkurang jika saham anda dalam mata uang yang melemah seperti PLN. Misalnya, siapa pun yang sahamnya terlalu terkonsentrasi di PLN telah dibebani oleh beberapa biaya, baik disadari atau tidak.

Untuk melindungi diri anda sendiri, anda memerlukan sebanyak mungkin saham dalam denominasi mata uang yang kemungkinan akan mempertahankan nilai riilnya atau menguat dalam jangka panjang dan mengangkat portofolio anda. Karena investasi pasar saham yang baik dalam mata uang yang salah dapat menjadi investasi saham yang buruk dan sebaliknya.

Kesimpulan dari cara investasi saham online: Pertama, anda harus mengidentifikasi mata uang yang ingin anda gunakan dalam portofolio anda, kemudian anda mengalokasikan beberapa persen dari portofolio anda ke dalam masing-masing mata uang, dan terakhir, anda memilih saham (saham atau indeks saham) yang memberikan eksposur tertentu. Itu ide dasarnya. Jelas, anda juga harus mempertimbangkan kualitas saham yang anda beli atau indeks dibandingkan dengan mata uangnya.

Berikut adalah versi yang lebih rinci tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk berinvestasi di pasar saham secara benar untuk mendapatkan keuntungan dua kali lipat:

Langkah 1 – Identifikasi mata uang yang tepat

  • Pelajari grafik mingguan atau bulanan pasar mata uang atau indeks mata uang berdasarkan periode investasi yang diproyeksikan. Jika anda berencana untuk membeli dan menyimpan saham selama berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, maka anda perlu melihat tren selama beberapa tahun sebelumnya. Untuk informasi lebih lanjut, baca juga apa itu forex dan bagaimana cara kerjanya.
  • Identifikasi mata uang dengan tren naik paling kuat selama periode tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, baca cara investasi forex sebagai sumber penghasilan.
  • Periksa apakah fundamental ekonomi negara yang mendasarinya mendukung tren tersebut, dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif baik, atau setidaknya memiliki rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang rendah secara konsisten dan memiliki budaya disiplin fiskal, bukan defisit anggaran dan perdagangan yang terus meningkat. Untuk informasi lebih lanjut, baca juga cara menggunakan kalender ekonomi forex factory dan cara membaca berita ekonomi.

Langkah 2 – Alokasikan beberapa persen dari portofolio anda ke setiap mata uang

Alokasikan beberapa persen dari portofolio anda pada instrumen yang menghasilkan pendapatan dalam mata uang atau terkait dengan mata uang yang lebih cenderung menguat dalam jangka panjang.

Langkah 3 – Pilih saham yang memberikan persentase eksposur tertentu

Kemudian, cari aset tertentu yang anda inginkan yang didenominasi atau memiliki eksposur dalam mata uang tersebut sehingga anda memiliki porsi tertentu dari portofolio anda dalam mata uang yang tepat dan aset dalam mata uang tersebut. Metode penelitiannya sama seperti ketika membeli saham dan obligasi, forex, dan komoditas, dan sebagainya. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa selain kriteria penyaringan normal, anda juga menyaring menurut negara atau mata uang, baik saham tradisional yang terdaftar di bursa saham atau indeks dan CFD saham (JIKA anda lebih tertarik dengan trading CFD, alternatif yang lebih fleksibel dibandingkan transaksi saham tradisional, tetapi juga lebih berisiko) yang memenuhi kriteria investasi anda.

Studi Kasus – Menerapkan tren forex untuk investasi saham

Bayangkan bahwa tiga tahun lalu seorang investor asal Polandia (No. 1) memutuskan untuk melakukan diversifikasi mata uang atas portofolionya di luar Poland Stock Exchange, dengan mengkonversi 100.000 PLN ke USD, dan menginvestasikan jumlah dana tersebut ke dalam sekeranjang saham AS yang terdiri dari Indeks Dow Jones, indeks yang melacak saham Amerika yang tercatat di New York Stock Exchange. Temannya, sesama investor asal Polandia No. 2 melakukan investasi dengan jumlah yang sama dan menginvestasikannya ke dalam sekeranjang saham Polandia yang tercatat di Washaw Stock Exchange yang terdiri dari indeks WIG20 (komponen WIG – misalnya saham JWS).

Catatan: Contoh berikut ini, yang mengasumsikan bahwa harga saham Amerika Serikat dan Polandia bergerak ke arah yang sama dengan indeks saham utama adalah hanya sebagai perbandingan, dan tidak memperhitungkan keuntungan dari dividen, komisi, atau biaya lainnya.

Jelas, kita memiliki tren naik yang kuat dan secara keseluruhan sangat stabil pada kasus USDPLN. Berikut angkanya*:

  • USDPLN, 1 Juni 2014: 2,99
  • USDPLN, 1 Juni 2017: 3,70, perubahan: +0,71, Persentase Perubahan: +23,74%

Selama 3 tahun terakhir, investor No. 1 mencatatkan kenaikan hampir 24% atas investor No. 2 hanya dari penguatan mata uang.

Tentu saja, penguatan mata uang saja belum tentu cukup. Jika anda tidak memiliki investasi yang tepat dalam mata uang tertentu, anda masih bisa mengalami kerugian.

Bagaimanapun, hanya dengan melihat kinerja mata uang, aset berdenominasi USD tampak seperti investasi terbaik.

Sebagai contoh:

Tiga tahun lalu investor No. 1 mengkonversi 100.000 PLN ke USD, kemudian menginvestasikannya ke dalam indeks komposit S&P/DJIA atau sekeranjang saham serupa yang tercatat di NYSE:

  • 100.000 PLN dikonversi ke USD pada pertengahan 2014 menjadi: $33.000
  • $33.000 yang diinvestasikan dalam saham tumbuh menjadi sekitar ($33.000*27% kenaikan SP500): $41.910
  • $41.910 tersebut dikonversi kembali menjadi PLN setelah 3 tahun ($41.910*3,7 nilai tukar USDPLN): 155.067 PLN

Tiga tahun lalu investor No. 2 menginvestasikan 100.000 PLN ke dalam indeks komposit WIG20 atau sekeranjang saham serupa yang tercatat di WSE:

  • 100.000 PLN yang diinvestasikan dalam WIG20 pada pertengahan 2014 menjadi sekitar: 96.000 PLN
  • Selisih 59.000 PLN

Singkatnya, investor No. 1 yang melakukan investasi dengan mata uang AS untuk membeli saham diuntungkan oleh tren mata uang dan pasar saham sehingga mencatatkan keuntungan 55.000 PLN dibandingkan investor No. 2 yang mengalami kerugian 4.000 PLN, yang terjebak dalam mata uang dan saham PLN.

Pelajari cara investasi saham melalui MasterClass kami

Tips untuk sukses di pasar saham adalah menemukan negara yang memiliki mata uang dan pasar saham yang menguat. Anda perlu menggunakan grafik bulanan dan mingguan yang mencakup tahun sebelumnya, serta mencari pasangan forex dan indeks saham utama global.

Berada di saham yang tepat tetapi dalam mata uang yang salah adalah seperti berenang melawan arus yang kuat. Tidak peduli seberapa besar anda berusaha untuk terus bergerak maju, arus tersebut pada akhirnya akan kembali menarik anda, sehingga menghambat kemajuan anda atau bahkan membuat anda mundur meskipun pilihan investasi saham anda benar.

Sebaliknya, berada dalam investasi saham yang tepat dan mata uang yang tepat adalah seperti berenang mengikuti arus; anda berkembang jauh lebih cepat jika investasi anda berjalan dengan baik, dan sekalipun tidak, nilainya masih dapat diimbangi oleh penguatan nilai tukar mata uang.

Dengan kata lain, meskipun investasi saham anda bukan yang terbaik, jika dikaitkan atau didenominasi dalam mata uang yang tepat, kekayaan bersih anda akan terus bergerak ke arah yang benar.

Beli saham yang membayarkan dividen tinggi dengan harga murah. Harga saham tidak selamanya naik dan tidak selamanya turun (terkecuali jika ada sesuatu yang salah). Gunakan kriteria yang telah dibahas di atas untuk menemukan saham yang tepat untuk investasi.

Sayangnya, tidak ada jaminan. Sebuah saham mungkin terlihat bagus dari sisi faktor-faktor yang dibahas di atas, tetapi harganya terus turun. Artikel di atas membahas kecenderungan, yang berlaku untuk banyak saham, tetapi salah satu saham mungkin bergerak berlawanan. Daftar di atas adalah ringkasan mengenai mengapa berinvestasi dalam saham dan dasar-dasar untuk menemukan beberapa saham yang mungkin naik. Kita perlu menggali lebih dlam sebelum melakukan transaksi; untuk setiap 30 saham yang dianalisis menggunakan pendekatan ini, hanya ada satu atau dua yang layak untuk dijadikan sebagai sarana investasi.

Artikel ini menyajikan titik awal untuk melakukan analisa investasi saham. Memahami apa itu saham dan bagaimana cara investasi saham adalah penting, tetapi jika anda memerlukan bantuan, maka masterclass online trading kami (klik untuk melihatnya), yang didedikasikan untuk investor jangka panjang yang memiliki sedikit ketertarikan terhadap trading forex: mereka yang ingin menurunkan risiko mata uang dan meningkatkan pengembalian dengan cara melakukan diversifikasi ke dalam aset dalam mata uang yang paling mungkin mempertahankan nilainya dan menguat dalam jangka panjang.

Trading bebas risiko menggunakan uang virtual $100.000

Uji keterampilan trading anda menggunakan Simulator Saham GRATIS terbaik. Bersainglah dengan ribuan trader lainnya dan jadikan diri anda yang teratas! Lakukan trading di lingkungan virtual sebelum anda mulai mempertaruhkan uang anda sendiri. Berlatih strategi trading sehingga ketika anda siap memasuki pasar yang sebenarnya, anda telah memiliki latihan yang anda butuhkan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
3,337PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles